Jumat, 07 Maret 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » » » » PM Inggeris David Cameron larang Obama bawa iIsteri ke Pertemuan G8

PM Inggeris David Cameron larang Obama bawa iIsteri ke Pertemuan G8

23 Feb 2013

 Presiden Obama bersama Michelle Obama (Foto: AP)
Presiden Obama bersama Michelle Obama (Foto: AP)
LONDON - Perdana Menteri Inggeris David Cameron mendesak Presiden Amerika Syarikat, Barack Obama untuk tidak membawa isterinya, Michelle, dalam pertemuan G8 tahun ini. Cameron ingin pertemuan   tersebut berlangsung dengan fokus yang tetap.

Keinginan Cameron agar pertemuan pada Jun  itu bebas dari para isteri dan teman wanita dari pemimpin dunia, kerana perbahasan yang akan menjadi bahan pembicaraan amatlah penting. Dirinya para pemimpin dunia ini tetap fokus pada isu seperti mengatasi penipuan pajak, tanpa ada gangguan dari para isteri dan pacarnya.

"Perdana Menteri menginginkan pertemuan G8 berlangsung intim dan fokus dalam tiga isu khusus seperti pajak, perdagangan dan transparansi. Isu lain seperti peranan dari para isteri pimpinan G8, belum dikonfirmasi," ujar juru cakap kantor Perdana Menteri Inggeris, seperti dikutip Daily Mail, Sabtu (23/2/2013).

Apa yang diminta oleh Cameron ini sama seperti seorang pelatih tim sepakbola yang melarang pemain membawa isteri dan pacar saat akan bertanding. Umumnya, dalam dunia olaharga sebutan isteri dan pacar dikenal dengan WAGs (Wifes and Girlfriends).

Imbauan oleh Cameron ini langsung diperhatikan oleh para diplomat yang sudah melakukan pertemuan sebelum pertemuan puncak para pemimpin negara. Mereka mencari tahu apakah para istri dan pacar pemimpin itu berkenan ditinggalkan dalam pertemuan ini.

Isteri dari PM Cameron, Samantha Cameron sebelumnya sudah menyatakan bahawa dia akan mendobrak tradisi pertemuan G8. Dia tidak akan hadir dalam pertemuan itu dan tidak juga menjamu para isteri dan pacar dari pemimpin negara yang hadir dalam pertemuan negara-negara maju tersebut.

Bila keinginan Cameron itu bertinjauan, berarti First Lady AS Michelle Obama dan kekasih dari Presiden Perancis Francois Hollande, yakni Valerie dan Traiweiler tidak akan hadir dalam pertemuan itu. Adapun lokasi pertemuan dijadualkan berlangsung di Resor Lough Erne di Irland  Utara.

Tetapi para pihak panitia pertemuan mengaku tidak akan memiliki kekuatan untuk menolak bila para pemimpin tetap berkeras untuk membawa pasangannya. Bila hal itu terjadi, Samantha Cameron hanya akan memberikan jamuan makan siang di pejabat Perdana Menteri Inggeris, 10, Downing Street  .

Rencana untuk melarang para isteri ketua negara turut serta dalam pertemuan G8 sepertinya mengundang keheranan dari banyak pihak. Selama ini isteri dari PM Inggeris selalu berhalangan hadir dalam tiga pertemuan G8 terakhir.(faj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar